Mau Sewa Space Iklan?


PASANG IKLAN DISINI
*Hanya Rp50.000

Contact Us : WebBudi.com

Thanks :)


Advertisement

Translate

Persiapan Untuk Membangun Suatu Blog




Persiapan & Tips Untuk Membangun Suatu Blog




Hallo teman-teman pengunjung blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com ... !
Salam Blogger untuk semuanya ... !
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel dengan topik persiapan yang diperlukan untuk membangun suatu blog. Jadi untuk teman-teman pengunjung yang ingin mencoba dunia blogger dan ingin belajar bagaimana caranya untuk membangun suatu blog, silahkan untuk menyimak artikel dengan pembahasan "Persiapan Untuk Membangun Suatu Blog" yang akan kita bahas kali ini.


Sebelum masuk ketahap persiapan kita wajib tahu terlebih dulu, apa itu blog ?
Salah satu contohnya yaitu sama seperti yang saat ini teman-teman kunjungi atau yang dapat teman-teman lihat pada blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com, blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Untuk membangun sebuah blog kita harus menyusun kerangka blog tersebut terlebih dahulu. Kerangka dari blog itu sendiri dapat kita susun berdasarkan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
  1. Blog apa yang ingin dibangun ?
  2. Apa judul blog dan alamat blog yang akan dibangun ? 
  3. Bagaiman desain template blog yang akan digunakan ? 
  4. Bagaimana desain header yang akan digunakan pada blog ? 
  5. Menu apa saja yang akan disediakan pada blog ?

1. Blog Apa yang ingin dibangun ?
Sebelum memulai untuk membangun suatu blog, kita harus menentukan terlebih dahulu jenis blog yang akan kita bangun. Karena hal ini merupakan titik awal untuk membangun suatu blog, jika kita telah menentukan jenis blog yang akan dibangun barulah kita dapat mengembangkan blog yang akan dibangun tersebut. Sebisa mungkin bangunlah blog dengan tema yang sesuai dengan materi yang kita kuasai. Bisa dengan tema yang biasa kita kerjakan sehari-hari, contohnya : Seorang teknisi komputer dapat mencoba untuk membangun sebuah blog media yang menceritakan segala informasi mengenai pengalamannya dibidang teknisi komputer baik dari peralatan yang biasa digunakan untuk pengaman sebelum melakukan pekerjaannya, peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang teknisi komputer, tips dan cara untuk mengatasi permasalahan komputer baik dari perbaikan program dan mesin-mesin komputer. 


Berikut ini macam-macam jenis blog beserta penjelasan isi blog yang dibahas dalam blog tersebut yang dapat teman-teman pilih sebagai salah satu jenis blog yang akan teman-teman bangun :
  • Blog politik : Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye). 
  • Blog pribadi : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman. keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman. 
  • Blog bertopik : Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. 
  • Blog kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll. 
  • Blog sastra : Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). 
  • Blog perjalanan : Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling. 
  • Blog mode : Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain. 
  • Blog riset : Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru. 
  • Blog hukum : Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws). 
  • Blog media : Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi.
  • Blog agama : Membahas tentang agama.
  • Blog pendidikan : Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. 
  • Blog kebersamaan : Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu. 
  • Blog petunjuk (directory) : Berisi ratusan link halaman website. 
  • Blog bisnis : Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka. 
  • Blog pengejawantahan : Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing. 
  • Blog pengganggu (spam) : Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog). 
  • Blog virus (virus) : Digunakan untuk merusak.
2. Apa judul blog dan alamat blog yang akan dibangun ?
Setelah menentukan jenis blog yang akan dibangun, selanjutnya teman-teman perlu mencari judul blog yang akan digunakan, untuk judul blog dan alamat blog ada beberapa blogger yang merangkainya sama ada juga yang berbeda. Sebagai contoh pada blog yang saat ini teman-teman kunjungi dengan alamat blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com dan judul blog yaitu "Ayo Tambah Pengetahuanmu". Untuk judul blog dan alamat blog sebaiknya teman-teman gunakan yang simple dan mudah diingat oleh setiap orang, agar dikemudian hari para pengunjung dapat lebih mudah mencari blog yang kita buat. 


Sedikit cerita dari pengalaman saya, awalnya blog gudang-pengetahuanmu.blogspot.com yang teman-teman kunjungi saat ini menggunakan alamat blog yang lebih panjang dan sedikit ribet yaitu ayo-tambah-pengetahuanmu.blogspot.com sampai akhirnya dirasa sedikit susah untuk diingat dan sangat berpengaruh terhadap kunjungan yang datang barulah alamat blognya saya ganti dengan alamat blog yang sekarang yaitu gudang-pengetahuanmu.blogspot.com. Jadi saya harap berdasarkan pengalaman yang telah saya bagikan dapat teman-teman ambil pelajarannya, sebelum blog dibangun sebisa mungkin tentukanlah alamat blog yang simple, menarik, mudah diingat dan tentunya berhubungan dengan jenis blog yang kita bangun. Karena kita akan kehilangan pengunjung aktif jika kita terlalu sering mengganti-ganti alamat blog yang kita bangun.

3. Bagaimana desain template blog yang akan dibangun ?
Setelah menentukan jenis blog yang akan dibangun dan mempersiapkan judul blog serta alamat blog selanjutnya kita akan diminta untuk menentukan template blog yang akan kita gunakan. Hal ini harus teman-teman pikirkan dari awal karena bila suatu blog sudah dibangun dengan template dan dekorasi-dekorasi yang terlalu banyak akan membuat loading suatu blog menjadi lebih berat saat dibuka dan saat ingin menggantinya dengan template yang lain membutuhkan proses penataan ulang yang lebih rumit lagi karena telah banyak kode-kode dekorasi yang menempel pada template blog. Jadi saran dari saya sebisa mungkin pilihlah template blog yang simple dan tidak terlalu rumit, karena hal ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan para pengunjung blog kita nantinya.

4. Bagaimana desain header yang akan digunakan pada blog ?
Hal ini juga harus menjadi perhatian teman-teman blogger sebelum membangun sebuah blog. Desainlah header simple yang tidak terlalu rumit dengan ukuran file yang kecil tetapi yang akan tetap terlihat menarik saat diletakkan pada blog. Banyak macam tipe header yang digunakan para blogger pada blog, ada yang berupa header gambar dengan sedikit animasi, ada juga yang hanya berupa sebuah gambar logo tetapi tetap terlihat menarik dan bahkan ada yang hanya menggunakan tulisan judul pada blog sebagai header dengan tambahan warna pada latarbelakan header yang mendukungnya. Silahkan teman-teman blogger pilih dan tentukan desain header yang paling sesuai dengan tema atau jenis blog yang akan dibangun.

5. Menu apa saja yang akan disediakan pada blog ?
Menu pada blog memilik peranan yang cukup penting, sama halnya saat kita datang atau berkunjung ke sebuah restoran tentunya kita perlu melihat terlebih dahulu daftar menu apa saja yang disediakan direstoran yang kita kunjungi barulah kita dapat memutuskan menu makanan apa yang sesuai dengan selera atau kebutuhan kita. Begitu juga halnya dengan sebuah blog, para pengunjung tentunya akan merasa lebih nyaman saat mengunjungi blog dengan daftar menu yang terstruktur dan rapi. 


Menu pada sebuah blog biasanya dirancang sesuai dengan tema yang ada pada blog tersebut. Contohnya sebuah blog pendidikan bisa diisi dengan beberapa menu seperti Matematika, IPA, IPS, Fisika, Kimia, Komputer dan lain sebagainya. Untuk beberapa blog yang dibangun dengan tema yang lebih spesifik seperti blog pendidikan matematika, dapat mengisi menu-menu pada blog dengan beberapa halaman utama seperti Menu About, Menu Contact, Menu Privacy Policy, lalu mengkolaborasikannya dengan fitur Label yang berisi materi pembahasan dalam pelajaran matematika untuk mengelompokkan artikel yang ada. Contohnya pada blog pendidikan matematikan dapat mengkolaborasikan menu blognya dengan label sebagai berikut : Bilangan Bulat, Relasi & Fungsi, Persamaan Garis Lurus, Perbangingan, Bangun Ruang, dan lain sebagainya.


Setelah semua kerangka blog dari kelima pertanyaan tersebut dikumpulkan dan disusun, barulah teman-teman bisa mulai fokus dengan isi atau artikel-artikel yang akan dibuat pada blog dan tentunya setelah kerangka blog tersebut disusun blog teman-teman akan terlihat lebih rapi dan profesional. Dari sekian banyak macam-macam jenis blog yang ada diatas, pastikan teman-teman tidak membuat blog dengan jenis penggangu (spam) dan blog virus. Karena hanya akan menimbulkan banyak dampak negatif yang akan merugikan orang lain sebagai para pengunjung blog kita.

Baca Juga Artikel : Cara Mengatasi Error (Halaman Yang Anda Minta Tidak Valid) Saat Buat Blog . Yang akan menuntun teman-teman untuk mendapatkan solusi jika ditemukan dengan permasalahan yang sama saat ingin membuat suatu blog baru.

Sekian artikel tentang "Persiapan & Tips Untuk Membangun Sebuah Blog" yang dapat saya bagikan kepada teman-teman para pengunjung, semoga artikel ini berguna dan dapat membantu teman-teman blogger yang sedang ingin memulai tahap untuk membangun sebuah blog sendiri. Salam blogger dari saya, dan semoga sukses dengan blog yang akan dibangun teman-teman.
 

0 Response to "Persiapan Untuk Membangun Suatu Blog"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.